Persebaya Surabaya Perpanjang Catatan Tak Terkalahkan

By ommed


nusakini.com - Persebaya Surabaya memperpanjang catatan tanpa kekalahan menjadi tujuh pertandingan beruntun setelah menaklukkan Barito Putera dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (4/12) malam WIB, pada laga pekan ke-15 Liga 1 2021/22.

Tambahan tiga angka ini tidak mengubah posisi Persebaya di peringkat kelima klasemen sementara dengan koleksi nilai 27. Sedangkan Barito Putera masih berada di posisi teratas zona degradasi, atau peringkat 16 dengan 12 poin.


Persebaya dan Barito Putera memperlihatkan permainan terbuka dengan tempo cepat sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Barito Putera mendapatkan peluang lebih dulu melalui Bagas Kaffa, tapi belum membuahkan hasil. Begitu juga dengan Bruno Moreira yang sepakannya mengarah ke kiper Andri Prabowo.

Duel kedua tim makin menarik. Barito Putera kembali memberikan tekanan ke pertahanan Persebaya. Rizky Pora menebar ancaman dengan melepaskan tendangan di menit ke-15, tapi mengarah ke pelukan penjaga gawang Andhika Ramadhani.

Persebaya kembali mendapatkan peluang untuk mengubah keadaan di menit ke-23. Bola tendangan bebas yang dilepaskan Muhammad Hidayat coba disambut Alie Sesay, namun gagal diselesaikan dengan baik.

Bajul Ijo akhirnya bersorak kegirangan pada menit ke-26 setelah sukses membuka keunggulan lebih dulu. Bola umpan Taisei Marukawa disambar tendangan keras Marselino Ferdinan yang tak bisa dihentikan Andri masuk ke gawangnya.


Selang tiga menit kemudian, Persebaya kembali menebar ancaman untuk menggandakan keunggulan. Bruno melakukan solo run selepas menerima umpan panjang dari belakang. Sayangnya, tendangan Bruno tidak menemui sasaran, sehingga babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Barito Putera langsung tancap gas ketika babak kedua dimulai. Namun mereka sedikit kewalahan ketika Persebaya melakukan serangan balik. Jose Wilkson melakukan solo run, dan memilih melepaskan tendangan yang menyamping di sisi kiri gawang dibandingkan mengoper kepada Marselino.

Serangan balik Persebaya kembali menghadirkan ancaman melalui Bruno. Setelah tendangannya melayang tipis di atas mistar di menit k-52, Bruno selanjutnya memaksa Andri bekerja keras menepis bola selang satu menit kemudian.

Andri yang telah bekerja keras untuk menggagalkan upaya Bruno pada menit ke-65, dan tendangan Wilkson selang tiga menit kemudian, akhirnya harus memungut bola dari jalanya pada menit ke-69. Umpan Marselino dituntaskan Marukawa untuk membawa Persebaya unggul 2-0.


Persebaya tidak mengendurkan tekanan ke pertahanan Barito Putera setelah unggul dua gol. Bahkan Bruno mendapatkan peluang untuk memperbesar keunggulan di menit ke-73, tapi sepakannya menghajar tiang kiri gawang.

Tim besutan Aji Santoso ini harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain setelah M Alwi Slamat diganjar kartu kuning kedua pada menit ke-84. Namun Barito Putera gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain guna memperkecil ketertinggalan, sehingga laga ditutup dengan skor 2-0 untuk kemenangan Persebaya. (gi/om)